Home » , , , » Diabetes Pembunuh No.3 Di Indonesia

Diabetes Pembunuh No.3 Di Indonesia

Written By herbal baru on Minggu, 16 September 2012 | 19.51

Penyakit diabetes menjadi penyebab kematian ke 3 terbesar di Indonesia. Hal ini dikemukakan oleh Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih pada saat membuka Temu Nasional  Strategi Kemitraan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dalam Penguatan Sistem Kesehatan pada Era Desentralisasi, di Jakarta Kamis 18 Agustus 2011, bahwa penyebab kematian tertinggi adalah : Stroke, Hipertensi, Diabetes (kencing manis), Kanker dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit Diabetes Mellitus terjadi diawali dari adanya kerusakan pankreas dikarenakan banyak faktor. Pankreas menghasilkan insulin yang berfungsi untuk memecah gula darah (glukosa) di dalam tubuh kita. Jadi insulin bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah agar selalu normal. Insulin memasukkan gula ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan energi. Bila pankreas dalam kondisi sehat maka insulin yang dihasilkan cukup untuk memecah gula darah. Akan tetapi, bila pankreas tidak normal/sakit maka jumlah insulin yang dihasilkan tidak cukup untuk memecah gula darah tersebut sehingga jumlah gula darah dalam tubuh meningkat.
Kadar gula darah (glukosa) yang melebihi nilai normal itulah yang disebut dengan penyakit Diabetes Mellitus.

Gejala Diabetes
Tanda dan gejala yang sering dikeluhkan pasien diabetes mellitus antara lain : Sering buang air kecil terutama di malam hari, sering haus, cepat merasa lapar, berat badan turun dengan cepat, merasa lemah dan gampang kelelahan, sering kesemutan di kaki dan tangan. Penglihatan kabur, sering infeksi, keputihan, luka atau memar yang sukar sembuh (gangren), bisul, kulit kering atau gatal-gatal

Komplikasi Diabetes
Apabila dibiarkan tak terkendali seta tanpa perawatan yang memadai, kondisi diabetes ini dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang berakibat fatal, seperti kerusakan saraf (Neuropathy), otak (Cerebrovaskuler), gangguan mata (Retinopathy), Impotensi, Gangguan pencernaan, komplikasi di mulut (gigi mudah lepas), mudah terinfeksi, kelainan kulit (gatal-gatal biasanya di sekitar kemaluan) dan luka membusuk (gangren)



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Herbal Baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger