Home » , , , , » Gejala Penyakit Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal

Written By herbal baru on Kamis, 06 Desember 2012 | 06.12

gejala sakit ginjal
Ciri ciri penyakit ginjal – Perlu diketahui bahwa fungsi ginjal yang sehat adalah sebagai filter. Tugasnya menyaring zat-zat yang penting bagi tubuh dalam darah dan memompanya kembali ke seluruh tubuh, dan sisanya yang harus dibuang/sampahnya itulah yang kita sebut urine. Kalau ginjal sudah tidak ada fungsinya, maka zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh akan ikut terbuang bersama urine.
Gejala penyakit ginjal
Gejala-gejala penting yang berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal.
1. Penimbunan sampah dalam darah
menyebabkan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit2an, gatal, kramp, mudah lupa, susah tidur, mual2, tak ada nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi sangat berkurang.
2. Masalah keseimbangan cairan
menyebabkan penimbunan cairan juga mengeringkan cairan. Penimbunan cairan dengan tanda2 pergelangan kaki bengkak, juga wajah membengkak. Sebaliknya tanda2 pengeringan cairan bisa dilihat dari mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.
3. Gangguan hormon
Dengan berkurangnya daya kerja ginjal, bisa menyebabkan ginjal menghasilkan lebih banyak/ekstra hormon. Akibatnya menambah hormon tekanan darah, sebaliknya hormon2 yang lain berkurang. Ini yang menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah, juga menyebabkan tulang rapuh.
Ciri ciri penyakit ginjal pada umumnya :

  • pembengkakan pada lengan, kaki, dan wajah. Tapi tanda2 ini tidak selalu mengarah pada sakit ginjal
  • volume air kencing yang banyak. Tapi bisa juga ini adalah tanda2 kena penyakit jantung atau penyakit gula/diabetes
  • sering buang air kecil. Bisa juga tanda2 infeksi di saluran kencing.
  • urine abnormal. Jika bau urine sangat menyengat bisa juga terkena infeksi kandung kemih, jika urine banyak berbusa berarti protein juga ikut larut/terbuang. Bila warna urine gelap atau cenderung merah berarti sel darah merah juga ikut larut.
  • sakit waktu buang air kecil; kena penyakit ginjal hampir tidak bisa diketahui dengan jelas tanda2nya. Tapi bisa juga karena tanda2 kena infeksi saluran kencing. Jika sakitnya menyeluruh hingga di daerah kelamin, bisa juga ini tanda2 kena penyakit batu ginjal.
  • tekanan darah tinggi. Berkurangnya daya kerja ginjal menyebabkan hormon tekanan darah meningkat. Sebaliknya, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan ginjal.
Demikian artikel mengenai Ciri ciri penyakit ginjal. Semoga bermanfaat
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Herbal Baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger